Habis Sahur Pertama, Ayo Lihat ISS Melintas di Langit Indonesia

Written By bopuluh on Senin, 08 Juli 2013 | 01.16

JAKARTA, KOMPAS.com - Bagi yang mulai melaksanakan ibadah puasa Selasa (9/7/2013) besok, ada kegiatan menarik setelah santap sahur dan sholat Shubuh. Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) akan melihat di atas langit Jakarta sehingga bisa dilihat dengan mata telanjang.

Astrofisikawan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Thomas Djamaluddin, mengatakan, "ISS akan melintas selama hampir 3 menit di timur laut dan cukup terang jadi bisa dilihat dengan mata telanjang."

Menurut situs Heavens Above, ISS akan tampak di atas Jakarta antara pukul 04.26.21 WIB WIB hingga 04.28.45 WIB dengan magnitud -2,2. Magnitud menyatakan kecerlangan benda langit atau satelit. Semakin kecil dan negatif nilai magnitud, semakin cerlang benda langit yang dimaksud.

Dihubungi Kompas.com, Senin (8/7/2013), Thomas mengungkapkan, "Karena cukup terang, ISS nanti akan terlihat seperti bintang."

Selain di Jakarta, ISS juga bisa dilihat di kota-kota lain di Indonesia. Di Bandung, ISS akan melintas pada waktu yang kurang lebih sama dengan Jakarta. Di Padang, ISS akan tampak mulai pukul 04.26 WIB namun hanya bisa dilihat selama satu menit. Sementara di Pontianak, ISS akan tampak hampir 5 menit, hingga pukul 04.30 WIB.

ISS juga melintas di beberapa wilayah Indonesia Tengah dan Timur namun mungkin saat fajar sudah menyingsing. Di Makassar, ISS bisa dilihat sekitar pukul 05.26 WITA sementara di Biak sekitar pukul 04.53 WIT.

Melintasnya ISS di atas langit Indonesia sebenarnya bukan barang langka, hanya saja kadang diabaikan atau tak disadari. ISS mengorbit Bumi sekitar 15 kali dalam satu hari namun tak selalu melintas wilayah yang sama dan tak selalu terlihat karena kadang melintasi suatu wilayah oada siang hari.

ISS mendukung kegiatan penelitian maupun popularisasi astronomi. Dari penelitian ISS, diketahui adanya cacing yang tetap dapat hidup normal setelah dari antariksa. Dari ISS pula foto-foto menarik Bumi dihasilkan dari sudut pandang lain.

Editor : Yunanto Wiji Utomo


Anda sedang membaca artikel tentang

Habis Sahur Pertama, Ayo Lihat ISS Melintas di Langit Indonesia

Dengan url

http://cholesterolanddiabetes.blogspot.com/2013/07/habis-sahur-pertama-ayo-lihat-iss.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Habis Sahur Pertama, Ayo Lihat ISS Melintas di Langit Indonesia

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Habis Sahur Pertama, Ayo Lihat ISS Melintas di Langit Indonesia

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger