Hutan Jati Terbakar, Warga Pasuruan Panik

Written By bopuluh on Selasa, 24 September 2013 | 01.16

PASURUAN, KOMPAS.com - Ratusan warga Desa Kedung Pengaron, Kecamatan Kejayan, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur yang berada di sekitar hutan jati panik sejak Senin malam kemarin (23/09/2013). Pasalnya, kobaran api yang sebelumnya dimatikan, hingga siang tadi belum juga padam.

"Kalau apinya tidak segera padam, ya kami takut," ujar Basuki warga, Kedung Pengaron, Selasa (24/09/2013).

Menurut warga sekitar, kobaran api yang melanda hutan jati sudah dilaporkan kepada pihak Perhutani, dan lahan yang terbakar sektiar 2,5 hektar. Namun, tidak ada upaya yang dilakukan untuk memadamkan api yang kini terus mendekati pemukiman warga. Sedangkan upaya pemadaman sudah dilakukan warga dengan cara manual saja.

"Terpaksa api kami padamkan dengan alat seadanya agar api tak meluas. Karena pihak berwenang belum tahu," terang Basuki.

Sementara itu, Kepala Resort Pemangku Hutan (KRPH) Kedung Pengaron, Nasib Sutrisno menegaskan, pihaknya sebenarnya sudah mendapatkan laporan dari warga soal kebakaran hutan jati. Hanya saja, upaya pemadaman api yang terus menjalar, belum selesai. Pihaknya sudah melokalisasi titik-titik api, khususnya yang berdekatan dengan pemukiman warga.

"Ya, upaya pemadaman sudah dilakukan, tapi belum selesai," ujarnya. Pihak RPH menduga asal titik api itu adalah ulah warga sendiri yang sengaja membakar di dekat pemukiman. "Dari dugaan sementara titik api karena warga sendiri yng membakar hutan dengan alasan keamanan," terang Nasib Sutrisno.

Sementara itu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pasuruan menyatakan belum menerima laporan dari warga maupun Perhutani soal kebakaran itu. "Tapi tetap tim kami akan membantu melakukan pemadaman agar tidak merambat ke rumah warga. Apalagi sekarang musim panas," ujar Yudha Triwidya Sasongko, Kepala BPBD Kabupaten Pasuruan.

Editor : Farid Assifa


Anda sedang membaca artikel tentang

Hutan Jati Terbakar, Warga Pasuruan Panik

Dengan url

http://cholesterolanddiabetes.blogspot.com/2013/09/hutan-jati-terbakar-warga-pasuruan-panik.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Hutan Jati Terbakar, Warga Pasuruan Panik

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Hutan Jati Terbakar, Warga Pasuruan Panik

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger