Kontrak 3.447 Pekerja Tidak Diperpanjang

Written By bopuluh on Minggu, 24 Maret 2013 | 01.16

Investasi di Jakarta

Kontrak 3.447 Pekerja Tidak Diperpanjang

Penulis : Andy Riza Hidayat | Minggu, 24 Maret 2013 | 15:01 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Sampai bulan Maret ini, tercatat 3.447 pekerja tidak diperpanjang kontraknya karena pengusaha kesulitan menanggung beban upah minimum provinsi DKI Jakarta tahun 2013.

Sangat mungkin jumlah ini akan bertambah setiap bulan. Para perusaha di sana berencana merelokasi pabriknya ke Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur bahkan ada yang akan merelokasi ke Vietnam.

-- Sarman Simanjorang

Pengusaha mengaku kenaikan UMP DKI Jakarta tahun 2013 sangat memukul dunia usaha khususnya sektor padat karya. Hampir seluruh perusahaan yang melakukan rasionalisasi itu bergerak dalam usaha garmen dan tekstil di Kawasan Berikat Nusantara, Jakarta.

"Sangat mungkin jumlah ini akan bertambah setiap bulan. Para perusaha di sana berencana merelokasi pabriknya ke Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur bahkan ada yang akan merelokasi ke Vietnam," kata Sarman Simanjorang Wakil Ketua Umum Kamar Dagang Indonesia DKI Jakarta, Minggu (24/3/2013) di Jakarta.

Menurut Sarman, di KBN terdapat 41 perusahaan mempekerjakan 42.015 karyawan. Nasib mereka tidak jauh berbeda dengan karyawan yang tidak diperpanjang kontraknya. Sebagian besar perusahaan perusahaan di KBN merupakan penanaman modal asing yang bergerak pada usaha garmen dan tekstil.

Pengusaha yakin kenaikan UMP tahun 2013 akan berimbas pada penghitungan UMP tahun berikutnya. Mereka tidak ingin terganggu operasionalnya karena beban UMP di DKI Jakarta. "Pemprov DKI akan sangat rugi bila para investor tersebut benar-benar pindah sehingga berdampak pada meningkatnya angka pengangguran di DKI Jakarta," kata Sarman.

Human Recources Development PT Bangun Busana Maju Bernard Aritonang mengatakan cukup sulit bertahan dalam situasi saat ini. Perusahaannya juga melakukan pengurangan karyawan, walau jumlahnya belum banyak. Rencananya PT BBM bakal memindah investasinya di daerah yang lebih ringan beban investasinya. 


Anda sedang membaca artikel tentang

Kontrak 3.447 Pekerja Tidak Diperpanjang

Dengan url

http://cholesterolanddiabetes.blogspot.com/2013/03/kontrak-3447-pekerja-tidak-diperpanjang.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Kontrak 3.447 Pekerja Tidak Diperpanjang

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Kontrak 3.447 Pekerja Tidak Diperpanjang

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger