Bentrok di Pertambangan, Dua Tewas

Written By bopuluh on Sabtu, 16 Maret 2013 | 01.16

Freeport

Bentrok di Pertambangan, Dua Tewas

Sabtu, 16 Maret 2013 | 14:33 WIB

TIMIKA, KOMPAS.com- Ratusan pendulang tradisional dievakuasi ke Timika dari lokasi Kali Kabur (Sungai Aijkwa), menyusul terjadinya pertikaian antara dua kelompok pendulang di wilayah itu yang menewaskan seorang warga dan melukai empat warga lainnya, Jumat kemarin.

Evakuasi terhadap ratusan pendulang tersebut dilakukan menggunakan sejumlah bus milik PT Freeport Indonesia, mobil Pengendali Massa (Dalmas) Kepolisian Resor Mimika, dan sejumlah truk milik TNI. Mereka dievakuasi ke berbagai tempat di Timika.

Sementara itu, pada Sabtu (16/3/2013) pagi tadi, sekelompok warga pendulang Suku Damal menyerang kelompok pendulang yang lain di Mil 34. Penyerangan itu dipicu oleh penganiayaan terhadap Etan Mom (19) oleh warga Kei, kemarin.

Masih pada Sabtu pagi, polisi menemukan dua jenazah di dua lokasi berbeda. Kedua jenazah tersebut yakni atas nama Etimus Mom (warga Damal) dan Rizal (warga Buton). Etimus Mom ditemukan dalam kondisi tak bernyawa di Mil 34 dengan kondisi terkena luka bacokan senjata tajam pada bagian pundak kanan dan leher bagian belakang. Sedangkan Rizal meninggal akibat dipanah oleh sekelompok orang yang belum diketahui.

Tubuh lelaki yang berprofesi sebagai tukang parkir di Mil 32 itu terlihat masih tertancap lima busur anak panah.

Jenazah Etimus Mom langsung dibawa ke rumahnya di Kelurahan Harapan, Distrik Kwamki Narama. Sedangkan jenazah Rizal sempat dievakuasi ke RSUD Mimika untuk dilakukan otopsi.

Hingga Sabtu siang, situasi di sekitar tanggul pengendapan tailing PT Freeport masih mencekam. Para pendulang masih terus dievakuasi ke Timika untuk menghindari terjadi bentrok susulan. Sementara ratusan aparat gabungan Polri dan TNI masih disiagakan di lokasi pendulangan Mil 34 guna mencegah bentrok susulan antar para pendulang tradisional.

Editor :

Marcus Suprihadi


Anda sedang membaca artikel tentang

Bentrok di Pertambangan, Dua Tewas

Dengan url

http://cholesterolanddiabetes.blogspot.com/2013/03/bentrok-di-pertambangan-dua-tewas.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Bentrok di Pertambangan, Dua Tewas

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Bentrok di Pertambangan, Dua Tewas

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger