Capres Konvensi Demokrat Bisa Jadi Lawan Kuat Jokowi

Written By bopuluh on Rabu, 18 September 2013 | 01.16


JAKARTA,KOMPAS.com – Peneliti Senior Soegeng Sarjadi Syindicate (SSS) Sukardi Rinakit memperingatkan para calon presiden (capres) untuk berhati-hati terhadap capres Partai Demokrat (PD) dari hasil konvensi. Sukardi mengatakan, capres PD adalah lawan yang harus diperhitungkan, bahkan untuk Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo alias Jokowi.

"Siapa pun yang muncul dari konvensi PD, menurut saya adalah juga lawan yang harus diperhitungkan dengan baik oleh siapa pun yang mendukung Jokowi," ujar Sukardi di Jakarta, Rabu (18/9/2013).


Menurutnya, hal itu karena, siapa pun tokoh yang lolos konvensi yang digelar partai penguasa itu, kemungkinan besar akan tetap didukung partai-partai lain yang saat ini berkoalisi dengan PD. Dia mengatakan, dukungan terhadap Jokowi yang juga kader Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan memang kuat di tingkat bawah. Meski demikian, menurutnya, keputusan elit PD dan partai yang berkoalisi dengannya sangat mampu mensejajari kekuatan Jokowi.

"Paling tidak akan muncul PD dengan koalisinya dengan capres yang diusung. Meski pun itu wajah baru, misal Anis Baswedan (Rektor Universitas Paramadina), Gita Wirjawan (Menteri Perdagangan) atau Dahlan Iskan (Menteri Negara BUMN), akan tetap ada magnit dan magnitud. Tentu akan ada suara signifikan," pungkas Sukardi.

Ia mengatakan, jika Jokowi menjadi capres dan hasil konvensi capers PD didukung partai menengah, akan terjadi persaingan yang sengit. Tetapi yang pasti, kata Sukardi, saat ini belum ada tokoh yang mampu menyaingi popularitas dan elektabilitas Jokowi.

"Sementara ini, memang masih Jokowi," katanya.

Soal koalisi dengan PD, dia memprediksi, dari semua partai yang bergabung dalam Sekretariat Gabungan akan tetap "menempel" pada PD pasca Pemilu 2014. Menurutnya, hanya partai Golkar saja yang memutuskan memisahkan diri dari koalisi. Partai itu dinilai akan memiliki perolehan suara yang cukup siginifikan, 2014 mendatang.

"Paling hanya Golkar saja yang ke luar. Tapi yang lain-lain kan walau selama ini mengeluh dalam koalisi PD, tapi antara mengeluh dan nikmat. Tetap di situ, tidak ke luar-luar. PKB, PKS, PPP, PAN," tuturnya.

Editor : Caroline Damanik

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:

Anda sedang membaca artikel tentang

Capres Konvensi Demokrat Bisa Jadi Lawan Kuat Jokowi

Dengan url

http://cholesterolanddiabetes.blogspot.com/2013/09/capres-konvensi-demokrat-bisa-jadi.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Capres Konvensi Demokrat Bisa Jadi Lawan Kuat Jokowi

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Capres Konvensi Demokrat Bisa Jadi Lawan Kuat Jokowi

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger