All-German Final di Mata Hitzfeld

Written By bopuluh on Selasa, 07 Mei 2013 | 01.16

MUENCHEN, KOMPAS.com - Sebuah kesamaan yang dimiliki Bayern Muenchen dan Borussia Dortmund adalah kedua finalis Liga Champions ini pernah dilatih oleh Ottmar Hitzfeld dan memenangkan Liga Champions di bawah kepelatihan pria berpaspor Swiss ini. Dortmund memenangkan Liga Champions tahun 1997, sementara Bayern pada tahun 2001.

Kepada Bild, Hitzfeld bicara mengenai peluang kedua tim dalam final Liga Champions yang akan diadakan di Wembley, London, 25 Mei mendatang, serta mengenai efek transfer Mario Goetze bagi persaingan kedua klub.

Berikut kutipan wawancaranya.

Tanya: Menurut Anda, siapa yang akan menjadi juara?

Hitzfeld: Final ini adalah mimpi sepak bola Jerman. Selain itu Dortmund dan Bayern adalah dua mantan klub saya. Menurut saya Bayern sedikit lebih difavoritkan, tetapi mereka kini sejajar. Dortmund bisa memenangkan beberapa pertandingan melawan Bayern beberapa bulan terakhir ini. Pemenang di Liga Champions akan ditentukan dalam penampilan pada hari H.

T: Di antara kedua klub, apa tekanan yang lebih besar terletak di Bayern?

H: Dortmund tak punya pertaruhan apa-apa. Mereka sudah mencapai lebih dari yang mereka bayangkan. Saat Dortmund bertanding melawan Malaga, semua menyangka perjalanan mereka selesai dan ternyata mereka membuat keajaiban. Untuk Dortmund, babak final adalah kelebihan yang sensasional.

T: Kalau dengan Bayern?

H: Dengan Bayern situasinya berbeda. Mereka menginginkan trofi Liga Champions dan setelah dua kali kalah di final, mereka akan melakukan segalanya untuk juara. Ini juga sudah waktunya bagi generasi Philipp Lahm dan Bastian Schweinsteiger memenangi titel bergengsi. Hanya dengan titel internasional mereka bisa mengukir sejarah besar.

T: Berarti Bayern lebih layak menang?

Tidak begitu juga. Kelayakan untuk menang itu harus diusahakan, dan baik Bayern maupun Dortmund sama layaknya. Dortmund telah mengalahkan banyak lawan tangguh di babak-babak sebelumnya.

T: Anda memihak ke tim yang mana?

H: Saya netral saja. Bersama Dortmund saya menjalani tujuh tahun yang menakjubkan, sedangkan bersama Bayern tujuh setengah tahun. Melatih kedua klub tersebut merupakan pengalaman menakjubkan.

T: Seandainya Dortmund yang menang di final, apakah artinya musim sempurna Bayern jadi ternoda?

H: Saya rasa tidak. Bayern menjalani musim yang hebat dan memecahkan banyak rekor. Keberhasilan tersebut bersifat tetap. Walau begitu pasti akan ada kekecewaan jika mereka gagal di Liga Champions. Hal tersebut sudah dipikirkan di Muenchen.

T: Kalau Bayern kalah di final melawan tim seperti Real Madrid, MU atau Juventus, apa akan lebih mudah diterima?

H: Ya. Karena itu tekanan untuk Bayern lebih besar karena mereka bertanding melawan tim yang ada di posisi kedua klasemen Bundesliga dengan selisih 20 angka. Karena itu mereka lebih difavoritkan untuk menang.

T: CEO Dortmund (Hans-Joachim) Watzke sangat kecewa karena sikap Bayern sehubungan dengan transfer Mario Goetze. Dalam pertandingan Sabtu lalu juga situasi sempat memanas. Apa artinya Bayern dan Dortmund sudah memulai permusuhan?

H: Tidak, saya rasa itu persaingan biasa. Tentu Dortmund kesal karena Bayern membeli pemain terbaik mereka. Tetapi semua klub juga membeli pemain terbaik klub lain. Pada dasarnya, ini semua pasar bebas.

T: Saat Anda masih menjabat sebagai direktur olahraga Dortmund, Bayern juga menawar pemain-pemain Anda?

H: Ya, mereka ingin membeli Stefan Reuter, Stefan Freund juga Matthias Sammer.

T: Apakah Bayern ingin melemahkan Dortmund? 

H: Bayern hanya ingin membeli pemain yang bagus. Goetze menguatkan Bayern, Lewandowski juga bisa demikian.

T: Menurut Anda, transfer Goetze ke Bayern merupakan transfer impian?

H: Dia adalah pemain berbakat abad ini. Goetze bisa bermain di tim manapun, dan dia istimewa. Lewandowski pun pemain kelas dunia.

T: Setelah musim terbaik Bayern tahun ini, apa yang harus dilakukan Pep Guardiola musim depan?

H: Pep akan senang. Ia mewarisi sebuah tim kelas dunia yang solid dan bisa ia kembangkan untuk memenangkan banyak gelar. Kita harus terus melihat ke depan. Tahun-tahun berikutnya Bayern bisa melewati Barcelona. Mereka punya potensi mendominasi sepak bola Eropa.

T: Apa pemain Bundesliga bisa jadi pemain terbaik dunia?

H: Tentu. Franck Ribery dan Robert Lewandowski punya peluang.


Anda sedang membaca artikel tentang

All-German Final di Mata Hitzfeld

Dengan url

http://cholesterolanddiabetes.blogspot.com/2013/05/all-german-final-di-mata-hitzfeld.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

All-German Final di Mata Hitzfeld

namun jangan lupa untuk meletakkan link

All-German Final di Mata Hitzfeld

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger