Pemprov DKI Akan Bangun Klinik di Pasar

Written By bopuluh on Sabtu, 20 April 2013 | 01.16

Pemprov DKI Akan Bangun Klinik di Pasar

Penulis : Kurnia Sari Aziza | Sabtu, 20 April 2013 | 15:03 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah menggelar acara pencanangan Pasar Aman dari Bahan Berbahaya di Pasar Cibubur, Jakarta Timur, Jumat (19/4/2013) kemarin, Pemprov DKI Jakarta berupaya untuk menempatkan klinik di beberapa pasar di ibu kota.

Kepala Dinas Kesehatan DKI Dien Emmawati mengatakan, klinik itu juga akan digunakan untuk memberikan penyuluhan dan pendidikan warga tetang zat berbahaya yang terkandung dalam makanan.

"Jadi nanti, klinik di pasar itu tidak hanya untuk mengobati saja, tapi juga memberikan advokasi pada masyarakat tentang bahan berbahaya pada makanan," kata Dien di Jakarta, Sabtu (20/4/2013).

Terkait dengan pembangunan klinik pasar, ia mengatakan, untuk rencana awal klinik itu akan ditempatkan di sekitar 20 pasar. Pasar yang dijadikan prioritas, kata dia, adalah yang berukuran besar dan kerap ditemukan kasus makanan mengandung formalin, borax, dan zat pewarna. Melalui pengadaan klinik di berbagai pasar ini, Dien berharap dapat mengurangi jumlah bahan berbahaya yang beredar di kalangan masyarakat. Klinik pasar itu akan beroperasi sesuai dengan jam buka tutup pasar itu.

"Jadi, petugas medis yang bertugas tidak hanya sebagai dokter, tapi juga memberikan advokasi, apakah zat ini berbahaya atau tidak. Dengan makan borax dan formalin, bagaimana dampaknya untuk ginjal dan akan selalu cuci darah. Apabila hal itu terus terjadi, dampaknya Kartu Jakarta Sehat (KJS)-nya jebol," kata Dien.

Pencanangan Pasar Aman dari Bahan Berbahaya merupakan kerjasama antara Badan Pengawas Obat dan Makanan, Kementerian Perdagangan, Kementerian Kesehatan, dan Pemprov DKI Jakarta.

Program pasar aman dari bahan berbahaya ini mulai dicanangkan di Jakarta karena merupakan ibu kota negara yang bisa menjadi barometer bagi daerah lain. Sebab dalam 3 tahun, pasar aman akan dicanangkan di 108 kota di 31 provinsi di Indonesia. Lima pasar di Jakarta yang dijadikan pasar percontohan yang aman dari bahan berbahaya antara lain, Pasar Cibubur, Pasar Tebet Barat, Pasar Grogol, Pasar Johar Baru, dan Pasar Koja.


Anda sedang membaca artikel tentang

Pemprov DKI Akan Bangun Klinik di Pasar

Dengan url

http://cholesterolanddiabetes.blogspot.com/2013/04/pemprov-dki-akan-bangun-klinik-di-pasar.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Pemprov DKI Akan Bangun Klinik di Pasar

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Pemprov DKI Akan Bangun Klinik di Pasar

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger