Kemampuan Tim dari dan Luar Jawa Merata

Written By bopuluh on Kamis, 04 April 2013 | 01.16

Empat Pilar

Kemampuan Tim dari dan Luar Jawa Merata

Penulis : Dwi Bayu Radius | Kamis, 4 April 2013 | 15:08 WIB

PALANGKARAYA, KOMPAS.com- Kemampuan tim-tim peserta cerdas sermat empat pilar kehidupan berbangsa dan bernegara tingkat sekolah menengah atas (SMA) dinilai sangat baik. Penguasaan materi para peserta dari Jawa dan luar Jawa itu dinilai hampir merata.

Anggota MPR dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) Rahadi Zakaria di Palangkaraya, Kalimantan Tengah, Kamis (4/4/2013), mengatakan, era transparansi, informasi, dan teknologi saat ini membuat kemampuan para peserta cerdas cermat tidak terlalu berjarak.

Cerdas cermat empat pilar kehidupan berbangsa dan bernegara tingakat SMA adalah kegiatan yang diselenggarakan MPR. Acara tahunan itu digelar sejak tahun 2008 untuk tingkat nasional. Cerdas cermat didahului di tingkat provinsi. Juara pertama setiap provinsi kemudian maju mengikuti lomba tingkat nasional.

"Saya melihat luar biasa. Kemampuan para peserta hampir sama dalam memahami pilar-pilar tersebut, termasuk ketangkasan dalam menjawab," ujarnya.

Rahadi menambahkan, cerdas cermat bisa menjadi pencerahan untuk teman-teman peserta di sekolah masing-masing. "Pemahaman nilai-nilai empat pilar sangat dikuasai maknanya, termasuk persoalan dan pertanyaan yang kadang-kadang untuk porsi dewasa bisa dijelaskan," ujarnya.

Para peserta juga tidak berbicara soal menang atau kalah tetapi lebih memen tingkan materi dan kebersamaan. Mereka merasa sama-sama sebagai warga Indonesia. Para peserta tidak mendikotomikan menang atau kalah. "Sikap tersebut sangat baik," ucap Rahadi.

Editor :

Marcus Suprihadi


Anda sedang membaca artikel tentang

Kemampuan Tim dari dan Luar Jawa Merata

Dengan url

http://cholesterolanddiabetes.blogspot.com/2013/04/kemampuan-tim-dari-dan-luar-jawa-merata.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Kemampuan Tim dari dan Luar Jawa Merata

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Kemampuan Tim dari dan Luar Jawa Merata

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger