Mobil Paus, dari Truk hingga Limosin

Written By bopuluh on Kamis, 14 Maret 2013 | 01.16

Barangkali salah satu pertanyaan pertama ketika seseorang mendapatkan pekerjaan baru adalah: mobil apakah yang akan saya dapatkan? Bila pertanyaan itu diajukan oleh Paus Francsiskus yang baru terpilih, ia pasti tidak akan kecewa dengan jawabannya.

Pasalnya, tak seperti Janis Joplin yang memohon nyaris putus asa dalam lagunya, "Tuhan maukah Kau membelikan aku Mercedes-Benz" - bagi pemimpin umat Katolik Roma ini, permohonan semacam itu telah berkali-kali dikabulkan.

Paus pertama yang mendapatkan mobil kenegaraan adalah Pius XI. Ia mendapatkan sebuah mobil Mercedes-Benz Nurburg 460 Pullman tahun 1930. Mobil itu lengkapi karpet sutera dan motif merpati timbul pada lapisan atap.

Paus sepertinya menyukai pemberian itu, terlihat dalam uji coba mengendarai selama satu jam di sekitar halaman Vatikan. Sejak itu Paus Pius XI memiliki beberapa Mercedes termasuk 300D di tahun 1960, 600 Pullman Landaulet pada tahun 1965 dan 300SEL pada 1970-an.

Meskipun Paus menggunakan Mercedes di Vatikan, namun kendaraan yang digunakan dalam berbagai kunjungan tidak terbatas pada produk Jerman itu. Ketika Paus pergi ke berbagai negara, tuan rumah biasanya mengusulkan kendaraan yang akan dipakai. Jika memenuhi kriteria keamanan Vatikan, maka usul diterima. Jika tidak, Vatikan akan membawa kendaraan sendiri.

Ketika Yohanes Paulus II melakukan kunjungan pertamanya ke negara asalnya Polandia pada tahun 1979, ia berkeliling menggunakan truk Polandia FSC Star yang dimodifikasi.

Pada tahun 1980 Mercedes diminta untuk membangun sebuah model mobil kepausan. Dipilihlah model 230g dan kemudian disebut Popemobile. Mobil ini dipakai dalam kunjungan Paus ke Jerman untuk pertama kali. Tahun 1981, model ini ditambah kaca antipeluru menyusul percobaan pembunuhan terhadap Paus Yohanes Paulus II.

Namun pada tahun 1982, pada kunjungannya ke Spanyol, Paus Yohanes Paulus II kembali memakai kendaraan terbuka, sebuah versi Panda SEAT yang dimodifikasi. Kendaraan terbuka ini memiliki pegangan sehingga Paus bisa berdiri dan melambaikan tangan kepada orang-orang.

Paus juga pernah mengendarai truk Leyland Motors pada tahun 1982 saat kunjungan ke Inggris. Truk lapis baja ini adalah Popemobile terberat yang pernah digunakan Paus, dengan bobot 24 ton.

Sejak tahun 2007, Paus Benediktus XVI menggunakan Mercedes G500 dan ML430 SUV yang ukurannya lebih kecil. Mercedes G500 ini dilengkapi windscreen yang bisa dilipat dengan cat tradisional putih khas Popemobile.

Namun dalam situasi yang kurang aman, Paus dianjurkan menggunakan Mercedes seri G-Class yang dimodifikasi dengan kubah plexiglass anti peluru setebal 8mm. Kaca ini melindungi Paus dari cuaca buruk namun memastikan ia tetap terlihat umatnya.

Meski begitu, berada dalam kubah kaca merupakan masalah sendiri, terutama karena panas yang muncul. Oleh karenanya kubah ini dilengkapi sistem pendingin udara untuk membuat Paus tetap sejuk di hari yang panas, sekaligus menjamin kaca tidak berembun dalam kelembaban tinggi.

Lampu juga telah dipasang di sisi-sisi bagian dalam mobil, lantai dan atap agar Paus lebih terlihat oleh umat saat cuaca gelap. Selain itu, di sisi keamanan, kaca telah dibuat menjadi anti bom sehingga dapat menahan ledakan. Panel samping berlapis baja dan bagian alas mobil diperkuat untuk alasan yang sama. Bila terjadi situasi terburuk dimana Paus diserang, kompartemennya akan memberi pasokan oksigen sendiri.

Paus memasuki kubah lewat pintu di bagian belakang. Di dalam kubah ada kursi kulit warna putih dengan trim emas. Kursi ini memiliki sistem hidrolik yang bisa diangkat sehingga Paus lebih mudah dilihat. Dua ajudannya biasanya duduk di depan kursi Paus, namun tak terlihat publik. Sedangkan kursi depan Popemobile diisi penjaga keamanan dan sopir.

Meskipun modifikasi menambah beban ekstra, namun mesin mobil ini ikut diupgrade. Dengan begitu, G-Class ini tetap dapat melaju hingga kecepatan 260 km/jam walau sebagian besar hidupnya akan dihabiskan untuk berjalan dengan kecepatan hanya 10 km/jam. Dengan segala modifikasi, harga Popemobile ini mencapai sekitar 565.000 dollar AS.

Namun tidak semua mobil kepausan adalah mobil mewah. Pada tahun 1995 dalam kunjungannya ke Filipina, Paus mengendarai Popemobile buatan lokal, Francisco Motors yang membangun kendaraan itu dari mobil berpenggerak 4x4.

Ketika Yohanes Paulus II wafat pada 2005, Popemobile ini dipajang di sebuah gereja Filipina dan menjadi tujuan ziarah umat Katolik di negara itu yang tidak mampu melayat ke Vatikan. Dan mobil tersebut barangkali menjadi satu-satunya mobil Filipina yang pernah diziarahi.


Anda sedang membaca artikel tentang

Mobil Paus, dari Truk hingga Limosin

Dengan url

http://cholesterolanddiabetes.blogspot.com/2013/03/mobil-paus-dari-truk-hingga-limosin.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Mobil Paus, dari Truk hingga Limosin

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Mobil Paus, dari Truk hingga Limosin

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger