Siapa yang Mau Ikut Lomba Menumbuk Padi

Written By bopuluh on Jumat, 14 Desember 2012 | 00.16

Siapa yang Mau Ikut Lomba Menumbuk Padi?

Jumat, 14 Desember 2012 | 14:59 WIB

KOMPAS/WAWAN H PRABOWO

Para ibu rumah tangga ikut menyemarakkan Festival Gejog Lesung yang menjadi salah satu rangkaian kegiatan dalam Parangtritis Arts Festival 2007 di Pantai Parangkusumo, Bantul, DI Yogyakarta, Minggu (23/12). Salah satu tujuan pergelaran ini adalah memberikan ruang kepada seni tradisi untuk diapresiasi masyarakat luas.

TERKAIT:

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Demi upaya melestarikan dan mengenalkan budaya lokal lebih luas kepada masyarakat, SMA Negeri I Yogyakarta akan menggelar Festival Anak Negeri, Senin (17/12/2012). Festival meliputi tiga kegiatan utama, yaitu lomba menumbuk padi gejog lesung, lomba lantunan lagu pengiring "Lir Ilir" dan lomba cipta kreasi permainan tradisional.

Dalam lomba cipta kreasi permainan tradisional, para peserta yang diminta memakai busana ala petani akan berkompetisi membuat orang-orangan sawah. Tentunya, ada hadiah yang disiapkan oleh panitia.

Nantinya, semua kegiatan ini tidak hanya diikuti oleh siswa sekolah tersebut. Siswa sekolah lain dari seluruh nusantara serta perwakilan pelajar dan mahasiswa asing yang sedang menempuh pendidikan di Yogyakarta juga akan hadir.

Koordinator Festival Anak Negeri Aris Priyanto mengatakan pada awalnya penyelenggara mengalami kesulitan untuk mencari peserta karena jenis perlombaan yang sangat spesifik.

"Kami mengundang banyak sekolah untuk mengikuti lomba 'gejog lesung', tetapi banyak yang belum mengetahui apa yang dimaksud dengan 'gejog lesung' itu," katanya di Yogyakarta, Jumat (14/12/2012).

Namun, lanjutnya, saat ini pihaknya sudah memperoleh sebanyak 150 peserta untuk mengikuti perlombaan tersebut. Bahkan, rekan-rekan siswa dari Jember, Jawa Timur, juga akan hadir.

"Banyak SMA dari luar Jawa yang terkendala akomodasi. Tetapi kami sangat berharap, jumlah peserta akan semakin banyak," tambah Aris kemudian.

Kepala SMA Negeri I Yogyakarta Zamroni mengharapkan momen yang juga digelar untuk memeriahkan Lustrum XI diharapkan bisa mengenalkan lebih dekat budaya lokal kepada generasi muda.

"Hakikat dari kegiatan ini adalah untuk menggali dan melestarikan budaya lokal serta mengenalkannya ke seluruh masyarakat," tuturnya.

Editor :

Caroline Damanik


Anda sedang membaca artikel tentang

Siapa yang Mau Ikut Lomba Menumbuk Padi

Dengan url

http://cholesterolanddiabetes.blogspot.com/2012/12/siapa-yang-mau-ikut-lomba-menumbuk-padi.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Siapa yang Mau Ikut Lomba Menumbuk Padi

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Siapa yang Mau Ikut Lomba Menumbuk Padi

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger